Kamis, 15 Maret 2018

7 Formula dalam Membuat Blurb Buku yang Memikat Pembaca

INDUSTRI KREATIF - Ambil penamu. Siapkan juga buku catatan. Keluarlah melihat sekitar. Atau, bepergianlah ke alam terbuka. Mari kita mencoba metode baru untuk mengasah skill menulis yang sepertinya sudah kadaluwarsa dan 'begitu-begitu saja'.

Kita akan mencoba metode live writing, sebuah teknik berlatih menulis dengan mengamati langsung apa yang terjadi di sekitar. Jauhkan dari laptop apalagi mesin ketik yang berat itu. Bawalah saja buku catatan, notebook, atau apapun yang bisa untuk mencatat. Dan jangan lupa, bawa pena, ya. Cobalah sambil mengamati apa yang terjadi di alamt terbuka, dan rasakan ide-ide berhamburan mengalir lewat tangan, kemudian melumuri penamu dengan kerlip-kerlip kekata yang cantik untuk digoreskan di halaman putih buku catatanmu.

Apa kegunaannya?

(1) Menyegarkan lagi daya pandang imajinasi. Memberikan suntikan baru dan memberikan suplemen penguat yang akan mempertajam kekuatan bahan imajinasi.

(2) Menghadirkan momen istimewa. Tentu saja. Melihat-lihat obyek sekitar kemudian langsung menuliskannya rasanya pasti fantastis.

(3) Melatih kecepatan. Saat kita langsung terjun untuk observasi, maka konsentrasi dan memori akan dituntut penuh untuk menghadirkan kecepatan dalam merangkai kata.

(4) Referensi imajinasi dan daya visual dalam otak akan semakin tajam dan kaya. Suatu saat, ia akan terpanggil dengan mudahnya bila kita memerlukannya untuk menulis suatu karya yang berhubungan dengannya tanpa perlu terjun lagi ke momen tersebut.

(5) Menunjukkan kalau kita bisa menulis kapan saja. Hanya berbekal pena dan buku, kita bebas berkarya tanpa tekanan dari siapapun, tanpa peduli untuk dikritisi siapapun. Latihan mental seperti ini akan menjadikan menulis sebagai suatu kegembiraan dan hal yang menyenangkan. Kerennya lagi, hanya berbekal seperti itu, kita sudah bisa menulis hal-hal menakjubkan.

(6) Cara pandang yang baru. Duduk di pinggir sungai misalnya. Orang lain mungkin akan menulis tentang keindahan aliran air, bebatuan yang licin dan menghadirkan suara yang indah ketika diterjang air. Tapi, kita bisa menghadirkan angle baru yang jarang diambil. Mungkin dengan menghadirkan tentang ada satu jejak di sungai yang aneh, dan bisa jadi alien pernah mendarat di sana. Buktinya adalah susunan batu tersebut ternyata membentuk circle crop jika dilihat dari tempat yang tinggi. Oke. Terlihat sangat aneh memang. But, it’s live writing. Kita harus mencoba untuk melakukannya dengan cara yang menyenangkan, bukan?

Silakan mencoba metode ini akhir pekan ini, sambil liburan dan menikmati alam, ya ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar